Cara Membangun Koperasi di Indonesia

Cara membangun koperasi di Indonesia, yaitu.
·           Sumber daya manusia
Syarat utama membangun koperasi adalah tersedianya sumber daya manusia yang bertakwa dan bertanggung jawab yang akan menjadi anggota koperasi tersebut.
·           Adanya rasa kepemilikan antara anggotanya
Para anggota di koperasi diharuskan memiliki rasa kepemilikan koperasi tersebut, dengan begitu dapat mewujudkan rasa kekeluargaan antar anggotanya.
·           Adanya rasa saling membutuhkan dan tujuan yang sama
Anggota koperasi diwajibkan untuk memiliki rasa saling membutuhkan, dengan adanya rasa tersebut, anggota koperasi lebih dapat mewujudkan tujuan yang sama. Setiap anggota koperasi perlu memahami tujuan yang sama.
·         Segera diadakan rapat persiapan pembentukan
Rapat persiapan pembentukan dibutuhkan minimal 20 orang, dengan menghadirkan calon pendiri. Jika kurang dari 20 orang, koperasi dinyatakan tidak sah.
·         Pelaksanaan rapat pembentukan
Pada rapat pembentukan, ditentukan pendiri, pengurus, serta pengesahan anggota dengan cara semua pendiri menandatangani berita acara pembentukan koperasi, anggaran dasar, serta rencana kerja dan rencana anggaran.
·         Mensosialisasikan koperasi yang baru dibentuk kepada pemerintah
Sosialisasikan koperasi tersebut kepada pemerintah, calon relasi, masyarakat, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.
·         Diadakannya rapat pengurus
Rapat pengurus membahas program kerja, peraturan-peraturan usaha, dan administrasi.

Koperasi di Indonesia semakin berkembang keberadaannya, tetapi hanya sedikit masyarakat yang menjadi anggota koperasi. Bahkan banyak kaum muda yang belum mengenal apa itu koperasi. Perlu adanya strategi untuk menumbuhkan minat kaum muda untuk menjadi anggota koperasi, yaitu.
1.      Membangun koperasi di setiap sekolah
Koperasi sekolah dapat mendorong kaum muda untuk menjadi anggota koperasi. Keikutsertaan kaum muda menjadi anggota koperasi dapat meningkatkan kemampuan berwirausaha dan berorganisasi supaya lebih berguna di masyarakat nantinya.
2.      Mengajak kaum muda untuk hidup mandiri
Para anggota koperasi diwajibkan untuk mengumpulkan modal yang nantinya jika anggota tersebut memiliki keinginan untuk pemenuhan kebutuhan, anggota tersebut dapat meminjamnya ke koperasi.
3.      Koperasi harus memiliki program-program yang menarik hati kaum muda
Contoh program-program menarik, yaitu.
·         Setiap diadakan rapat anggota koperasi, dilaksanakan sambil berwisata agar menarik kaum muda.
·         Diadakannya bonus atas keterlibatan anggota yang berpartisipasi dalam setiap kegiatan organisasi di koperasi.
4.      Mempromosikan koperasi melalui media massa
Masyarakat lebih mudah mengakses informasi melalui media massa, tidak terkecuali kaum muda. Melalui media massa seperti televisi, internet, ataupun majalah-majalah, informasi tentang koperasi dapat dikenal oleh masyarakat.


Daftar Pustaka
Koperasi.net. (2015). Cara Mendirikan Koperasi. Diperoleh 25 Januari 2019, dari https://www.koperasi.net/2015/10/cara-mendirikan-koperasi.html

Adi. (2012). Cara Mensosialisasikan Koperasi kepada Masyarakat. Diperoleh 26 Januari 2019, dari http://adimo22.blogspot.com/2012/11/cara-mensosialisasikan-koperasi-kepada.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Audit Internal dan Eksternal dalam Kegiatan Pemeriksaan Laporan Keuangan

Manajemen Sumber Daya Manusia