Tugas 3



1.  Pertumbuhan ekonomi adalah perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah. Pertumbuhan di dalam ekonomi berarti perkembangan fiskal produksi barang dan jasa yang berlaku di suatu negara, seperti pertambahan jumlah produksi barang dan jasa dan pertambahan produksi barang modal. Untuk memberikan gambaran kasar mengenai pertumbuhan ekonomi yang dicapai di suatu negara, ukuran yang digunakan adalah tingkat pertumbuhan pendapatan nasional riil yang dicapai.
2.       a. Pendapatan nasional merupakan suatu ukuran penting untuk menentukan sejauh mana tingkat kegiatan ekonomi yang dicapai di suatu negara.
b. Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan nasional yaitu kualitas sumber daya manusia, keadaan sumber daya alam, ketersediaan modal, stabilisasi dan kebijakan yang tetap, dan kesejahteraan masyarakat.
3.       Dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, negara belum dapat dikatakan makmur. Menurut Adam Smith, suatu negara dapat dikatakan makmur jika negara tersebut memiliki  tenaga kerja yang mahir. Dalam sebuah negara, yang terpenting bukanlah jumlah uang dan emas, tetapi kemampuan kerja. Potensi itu harus dilepaskan untuk mewujudkan sebuah kemakmuran. Munculnya kemampuan kerja, seluruh kegiatan ekonomi dapat dikuasai karena setiap orang mau bekerja untuk mencukupi kehidupan perekonomiannya. Hal ini dapat menjamin kesejahteraan masyarakatnya, karena jika kehidupan perekonomian masyarakatnya tercukupi, masyarakat di negara tersebut dapat dikatakan hidupnya sejahtera.

Daftar Pustaka

Sukirno, S. (2017). Makroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Anki Manika. (10 October 2016). Seperti Apa Kisah Seorang Ahli Ekonomi Pertama, Adam Smith?. Diperoleh pada 6 April 2016, dari http://blajar.org/pertanyaan/9665/




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Audit Internal dan Eksternal dalam Kegiatan Pemeriksaan Laporan Keuangan

Manajemen Sumber Daya Manusia