Tugas 2


1.   Sistem Ekonomi merupakan cara suatu negara mengatur kegiatan perekonomian dalam masyarakat menggunakan perangkat tertentu.

2.     Sistem Ekonomi memiliki 5 macam sistem, yaitu.
a.       Sistem Ekonomi Tradisional
Sistem ekonomi tradisional adalah suatu sistem ekonomi berdasarkan kebiasaan dan tradisi masyarakat secara turun-menurun. Sistem ekonomi tradisional diterapkan pada zaman dahulu, tetapi saat ini masyarakat pedalaman masih menggunakan sistem ekonomi ini. Salah satu ciri-ciri sistem ekonomi tradisional yaitu belum mengenal uang dan masih menggunakan sistem barter dalam menjalankan kegiatan ekonomi.
b.      Sistem Ekonomi Komando (Terpusat atau Terpimpin)
Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi yang segala sesuatunya diatur oleh pemerintah pusat. Salah satu ciri-ciri sistem ekonomi komando yaitu tidak adanya kebebasan individu untuk berkreativitas.
c.       Sistem Ekonomi Liberal (Pasar atau Kapitalis)
Sistem Ekonomi Liberal adalah sistem ekonomi yang ditentukan oleh kekuatan pasar. Salah satu ciri-ciri sistem ekonomi liberal ialah masyarakat bebas berkreativitas dalam melakukan kegiatan ekonomi.
d.      Sistem Ekonomi Campuran
Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi gabungan antara sistem ekonomi komando dan sistem ekonomi liberal. Ciri-ciri sistem ekonomi campuran yaitu masyarakat diberikan kebebasan melakukan kegiatan ekonomi, tetapi masih dibawah pengawasan pemerintah.
e.      Sistem Ekonomi Pancasila
Sistem ekonomi Pancasila adalah sistem ekonomi yang disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Salah satu kelebihan sistem ekonomi Pancasila yaitu kreativitas warga negara dikembangkan sepenuhnya selama tidak merugikan kepentingan umum.

3.   Sistem ekonomi di setiap negara berbeda-beda sesuai dengan ideologi, kondisi masyarakat, kondisi perekonomian, dan kondisi sumber daya. Perbedaan-perbedaan tersebut dapat mempengaruhi sistem perekonomian di setiap negara. Sebagai contoh, negara Indonesia yang menggunakan sistem perekonomian Pancasila, karena sistem perekonomian Pancasila sesuai dengan ideologi bangsa Indonesia, kondisi masyarakat Indonesia, kondisi perekonomian Indonesia, dan kondisi sumber daya di Indonesia. Apabila sistem ekonomi Pancasila digunakan oleh Amerika, maka Amerika tidak akan bisa sejahtera, karena sistem ekonomi Pancasila tidak sesuai dengan ideologi dan kondisi masyarakat Amerika. Jika suatu negara tidak memilih sistem perekonomiannya sesuai dengan ideologi dan kondisi masyarakatnya, maka perekonomian di negara tersebut tidak akan maju. Dapat disimpulkan, bahwa sistem ekonomi yang terbaik bagi suatu negara adalah sistem ekonomi yang dapat membawa perubahan menuju masyarakat yang sejahtera.

Daftar Pustaka


S., Alam. 2013. Mandiri Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Akuntansi Lengkap. (12 Agustus 2017). Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pancasila (Kelebihan dan Tujuannya). Diperoleh 31 Maret 2018, dari http://www.akuntansilengkap.com/ekonomi/pengertian-dan-ciri-ciri-sistem-ekonomi-pancasila-kelebihan-dan-tujuannya/
Artikelsiana. (30 Juni 2015). Pengertian Sistem Ekonomi, Fungsi, Macam-Macam, dan Ciri-cirinya. Diperoleh 30 Maret 2018, dari http://www.artikelsiana.com/2015/06/sistem-ekonomi-pengertian-fungsi-macam-jenis-ciri.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Audit Internal dan Eksternal dalam Kegiatan Pemeriksaan Laporan Keuangan

Manajemen Sumber Daya Manusia