Pertandingan Olimpiade dan Bisnis Internasional

Pertandingan Olimpiade dan Bisnis Internasional

Huat, T Chwee dkk (1990) dalam buku (Hardjanto, 2005) berpendapat bahwa “bisnis adalah suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat”. Pendapat lain dikemukakan oleh Griffin dan Ebert (1996) dalam buku (Hardjanto, 2005) yang mengatakan bahwa “bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan”. Laba dalam hal ini diperoleh dari selisih antara penerimaan bisnis dengan biaya-biaya yang dikeluarkan. Bisnis dalam arti luas merupakan suatu istilah umum yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari (Hardjanto, 2005). Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa bisnis identik dengan memproduksi barang atau jasa untuk kebutuhan sehari-hari yang bertujuan mendapatkan keuntungan.
Pada saat ini, bisnis sudah mencapai taraf internasional yang mengambil keuntungan yang sangat tinggi. Bisnis tersebut dinamakan bisnis internasional. Bisnis internasional merupakan transaksi bisnis yang melibatkan satu negara atau lebih. Pada saat ini, hampir setiap organisasi besar memiliki usaha-usaha internasional. Kegiatan-kegiatan bisnis internasional yaitu meliputi ekspor dan impor, investasi internasional, lisensi, waralaba, dan kontrak manajemen (Griffin, 2005).
Setiap empat tahun sekali, Pertandingan Olimpiade dilaksanakan di negara yang telah terpilih. Olimpiade merupakan ajang olahraga dunia sekaligus pengantar bisnis internasional. Sebagian besar negara-negara di dunia berlomba-lomba untuk menjadi tuan rumah Pertandingan Olimpiade. Pertandingan tersebut mengantarkan negara tersebut ke pusat perhatian internasional dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, minat pariwisata di negara tersebut akan meningkat walaupun Pertandingan Olimpiade tersebut sudah selesai. Pertandingan Olimpiade juga menjadi tombak untuk memperbaiki fasilitas-fasilitas di kota tersebut menjadi lebih baik. Kekuatan yang telah menjadikan Olimpiade sebagai bisnis internasional yang tumbuh pesat merupakan kekuatan yang sama dengan yang mempengaruhi perusahaan-perusahaan di dunia ketika bersaing baik dalam pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri (Griffin, 2005).


Daftar Pustaka

Griffin, Ricky W. 2005. Bisnis Internasional: Perspektif Manajerial, JIlid 1. Jakarta: PT. Indeks.
Hardjanto, Amirullah Imam. 2005. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: GRAHA ILMU.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Audit Internal dan Eksternal dalam Kegiatan Pemeriksaan Laporan Keuangan

Manajemen Sumber Daya Manusia