Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran

Keberhasilan suatu perusahaan tergantung pada fungsi pemasarannya. Pemasaran adalah suatu proses dan manajerial yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen (Shinta, 2011). Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba (Swastha, 2008). Pemasaran adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan-kegiatan penting yang memungkinkan individu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain (Boyd, 2000). Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalam individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain (Kotler, 2008). Pengertian pemasaran secara umum adalah kegiatan bisnis untuk memenuhi kebutuhan pasar.
Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih target pasar dan membangun hubungan yang menguntungkan dengan target pasar tersebut (Kotler, 2008). Pengertian manajemen pemasaran secara umum adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinir, serta mengawasi kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan agar tercapai tujuan yang telah ditetapkan. Fungsi manajemen pemasaran yaitu untuk pengembangan produk, promosi, strategi distribusi, penetapan harga, dan pemberian pelayanan. Terdapat tiga unsur penting manajemen pemasaran, yaitu orientasi kepada konsumen, penyusunan kegiatan-kegiatan pemasaran secara menyeluruh, dan kepuasan konsumen. Oleh sebab itu, tugas manajemen pemasaran sangat banyak untuk memenuhi kepuasan konsumen. Tugas-tugas manajemen pemasaran yaitu membuat desain produk, memeriksa penjualan, mengatur distribusi, mengembangkan pembungkusan dan merk, mempelajari keinginan dan kebutuhan konsumen, menetapkan harga, dan lain-lain.

Daftar Pustaka

Boyd, H. W. (2000). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. d. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Shinta, A. (2011). MANAJEMEN PEMASARAN. Malang: UB Press.
Swastha, B. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.
         

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Audit Internal dan Eksternal dalam Kegiatan Pemeriksaan Laporan Keuangan

Manajemen Sumber Daya Manusia