Hubungan Manajemen dan Organisasi di Suatu Perusahaan

Hubungan Manajemen dan Organisasi di Suatu Perusahaan

               Manajemen adalah kegiatan kerjasama antar manusia untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan sebuah organisasi. Menurut John Price Jones (1995), organisasi ialah sekelompok orang yang bersatu padu bekerja untuk satu tujuan bersama di bawah kepemimpinan bersama dengan alat-alat yang tepat. Fungsi pengorganisasian yaitu adanya pembagian tugas dan penggolongan kegiatan di suatu perusahaan. Sehingga, dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi bagi manajemen adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, di dalam manajemen, harus ada organisasi.

       Semua perusahaan harus mengenal organisasi, karena akan mendapatkan kemudahan dalam pelaksanaan tugas seorang manager. Jika suatu perusahaan telah mengenal organisasi, maka setiap anggotanya mengetahui tugas dan tanggung jawabnya. Walaupun suatu perusahaan telah mengenal organisasi, maka belum tentu perusahaan tersebut akan maju. Karena, perusahaan yang maju memiliki pengorganisasian yang baik pula. Keberhasilan suatu organisasi berkaitan dengan para anggotanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Audit Internal dan Eksternal dalam Kegiatan Pemeriksaan Laporan Keuangan

Manajemen Sumber Daya Manusia