Pertandingan Olimpiade dan Bisnis Internasional
Pertandingan Olimpiade dan Bisnis Internasional
Huat,
T Chwee dkk (1990) dalam buku (Hardjanto, 2005) berpendapat bahwa “bisnis
adalah suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan
masyarakat”. Pendapat lain dikemukakan oleh Griffin dan Ebert (1996) dalam buku
(Hardjanto, 2005) yang mengatakan
bahwa “bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang
bertujuan untuk mendapatkan keuntungan”. Laba dalam hal ini diperoleh dari
selisih antara penerimaan bisnis dengan biaya-biaya yang dikeluarkan. Bisnis
dalam arti luas merupakan suatu istilah umum yang memproduksi barang dan jasa
dalam kehidupan sehari-hari (Hardjanto, 2005) . Dari definisi di
atas, dapat disimpulkan bahwa bisnis identik dengan memproduksi barang atau
jasa untuk kebutuhan sehari-hari yang bertujuan mendapatkan keuntungan.
Pada
saat ini, bisnis sudah mencapai taraf internasional yang mengambil keuntungan
yang sangat tinggi. Bisnis tersebut dinamakan bisnis internasional. Bisnis
internasional merupakan transaksi bisnis yang melibatkan satu negara atau
lebih. Pada saat ini, hampir setiap organisasi besar memiliki usaha-usaha
internasional. Kegiatan-kegiatan bisnis internasional yaitu meliputi ekspor dan
impor, investasi internasional, lisensi, waralaba, dan kontrak manajemen (Griffin,
2005) .
Setiap
empat tahun sekali, Pertandingan Olimpiade dilaksanakan di negara yang telah
terpilih. Olimpiade merupakan ajang olahraga dunia sekaligus pengantar bisnis
internasional. Sebagian besar negara-negara di dunia berlomba-lomba untuk
menjadi tuan rumah Pertandingan Olimpiade. Pertandingan tersebut mengantarkan
negara tersebut ke pusat perhatian internasional dan meningkatkan pertumbuhan
ekonomi. Selain itu, minat pariwisata di negara tersebut akan meningkat walaupun
Pertandingan Olimpiade tersebut sudah selesai. Pertandingan Olimpiade juga
menjadi tombak untuk memperbaiki fasilitas-fasilitas di kota tersebut menjadi
lebih baik. Kekuatan yang telah menjadikan Olimpiade sebagai bisnis
internasional yang tumbuh pesat merupakan kekuatan yang sama dengan yang
mempengaruhi perusahaan-perusahaan di dunia ketika bersaing baik dalam pasar
dalam negeri maupun pasar luar negeri (Griffin, 2005) .
Daftar
Pustaka
Griffin, Ricky W. 2005. Bisnis Internasional: Perspektif Manajerial, JIlid 1.
Jakarta: PT. Indeks.
Hardjanto, Amirullah Imam. 2005. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: GRAHA ILMU.
Komentar
Posting Komentar