Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran
Keberhasilan
suatu perusahaan tergantung pada fungsi pemasarannya. Pemasaran adalah suatu
proses dan manajerial yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang
bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian
produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen (Shinta, 2011) . Pemasaran merupakan
salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha
dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan
mendapatkan laba (Swastha, 2008) . Pemasaran
adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan-kegiatan penting yang memungkinkan
individu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan
melalui pertukaran dengan pihak lain (Boyd, 2000) . Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalam individu
dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan
menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak
lain (Kotler, 2008) . Pengertian
pemasaran secara umum adalah kegiatan bisnis untuk memenuhi kebutuhan pasar.
Manajemen
pemasaran adalah seni dan ilmu memilih target pasar dan membangun hubungan yang
menguntungkan dengan target pasar tersebut (Kotler, 2008) . Pengertian
manajemen pemasaran secara umum adalah suatu usaha untuk merencanakan,
mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinir, serta mengawasi kegiatan
pemasaran dalam suatu perusahaan agar tercapai tujuan yang telah ditetapkan.
Fungsi manajemen pemasaran yaitu untuk pengembangan produk, promosi, strategi
distribusi, penetapan harga, dan pemberian pelayanan. Terdapat tiga unsur
penting manajemen pemasaran, yaitu orientasi kepada konsumen, penyusunan
kegiatan-kegiatan pemasaran secara menyeluruh, dan kepuasan konsumen. Oleh
sebab itu, tugas manajemen pemasaran sangat banyak untuk memenuhi kepuasan
konsumen. Tugas-tugas manajemen pemasaran yaitu membuat desain produk,
memeriksa penjualan, mengatur distribusi, mengembangkan pembungkusan dan merk,
mempelajari keinginan dan kebutuhan konsumen, menetapkan harga, dan lain-lain.
Daftar Pustaka
Boyd, H. W.
(2000). Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. d. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran.
Jakarta: Erlangga.
Shinta, A.
(2011). MANAJEMEN PEMASARAN. Malang: UB Press.
Swastha, B.
(2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.
Komentar
Posting Komentar