Hubungan Manajemen dan Organisasi di Suatu Perusahaan
Hubungan Manajemen dan Organisasi di Suatu Perusahaan
Manajemen adalah kegiatan kerjasama antar manusia untuk
mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Untuk mencapai tujuan tersebut
diperlukan sebuah organisasi. Menurut John Price Jones (1995), organisasi ialah
sekelompok orang yang bersatu padu bekerja untuk satu tujuan bersama di bawah
kepemimpinan bersama dengan alat-alat yang tepat. Fungsi pengorganisasian yaitu
adanya pembagian tugas dan penggolongan kegiatan di suatu perusahaan. Sehingga,
dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi bagi manajemen adalah sebagai alat dari
manajemen untuk mencapai suatu tujuan. Jadi, di dalam manajemen, harus ada
organisasi.
Semua perusahaan harus mengenal
organisasi, karena akan mendapatkan kemudahan dalam pelaksanaan tugas seorang
manager. Jika suatu perusahaan telah mengenal organisasi, maka setiap
anggotanya mengetahui tugas dan tanggung jawabnya. Walaupun suatu perusahaan
telah mengenal organisasi, maka belum tentu perusahaan tersebut akan maju.
Karena, perusahaan yang maju memiliki pengorganisasian yang baik pula.
Keberhasilan suatu organisasi berkaitan dengan para anggotanya.
Komentar
Posting Komentar